My Story

I’m from Medejin

20160920_151059.jpg

Hayo ada yang tau nggak di mana Medejin? Di sebelah mananya Bojong? Pasti kalian pada nggak tau kan kalo ada yang jawab, “Saya dari Medejin”. Kalo bilangnya, “I’m from Medellin” pasti pada tau kan? Itu lho kota yang ada di negara kelahirannya Gloria yang di serial Modern Family.

Jadi selama 2 minggu terakhir ini saya punya kesibukan tambahan, yaitu mengikuti kelas bahasa spanyol. Pengajarnya didatangkan langsung dari Amerika Latin. Terus terus terus, ngomongin Amerika Latin saya jadi ingat perjalanan saya waktu ke Amerika Selatan dong, hiks. Perjalanan yang sangat indah ke Peru dan Chile. Nggak move on ini mah.

Guru saya bilangnya dia berasal dari Medejin. Kenapa dia bilangnya Medejin, karena eh karena double l (ll) dibacanya jadi “j” kalo di Amerika Selatan, kalo di Spanyol atau negara-negara di Eropa ll dibacanya jadi “y”. Saya tau Medellin dari mana? Waktu gugling nyari tiket ke Amerika Selatan, kalo mau transit di Colombia pilihannya antara Bogota dan Medellin, tergantung mau ke mana dan airlinesnya apa. Kalo Cartagena taunya dari telenovela.

Ngomongin soal Colombia, dulu saya punya teman asli Colombia waktu short course di Australia, namanya Diana, cantik deh. Teman-teman sekelas saya ada beberapa orang latino (Amerika Selatan). Terus saya juga inget telenovela Betty la fea yang juga asalnya dari Colombia. Ngomongin Colombia saya jadi kepengen masukin Colombia ke dalam bucket list saya deh, tapi tapi tapi sekarang saya udah nggak bisa traveling sesuka hati lagi hiks.

Enaknya jadi orang Indonesia itu, gampang kalo mau belajar bahasa asing. Pengucapan dalam bahasa Indonesia jelas, begitu pula dalam bahasa spanyol. What you see is what you say. Bahasa spanyol sama kaya bahasa Indonesia, cuma huruf J dibaca jadi h, itu aja sih sepengetahuan cetek saya yang baru 3 kali ikut pertemuan (dari total 5 pertemuan). Saya taunya dari film telenovela, biasanya mereka manggilnya abang Alehandro (Alejandro), Havier (Javier), Hose (Jose). Saya ngebayanginnya mas-mas latino ganteng dengan jenggot seksih dan perut bentuk roti sobek, astaga! Sambil berdoa semoga suami aku nggak baca blog.

Hari ini saya baru belajar, “Que te gusta hacer cuando estas estresado/a?” yang artinya, “Apa yang kamu lakukan saat sedang stress?” Kalo saya lagi stress atau sedih, saya sukanya jalan keluar rumah menuju restoran untuk makan sambil liatin orang-orang. Dasar demennya jajan aja ini mah. Saya juga suka nyanyi sendirian dalam volume keras, wohooo!

Seharusnya saya belajar bahasa spanyol lebih awal, sebelum saya berangkat ke Amerika Selatan bulan Maret lalu. Namun apa daya, saat itu kerjaan saya lagi banyak. Huh alasan saja kau! Setiap kali belajar bahasa asing saya selalu semangat, tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk bersenang-senang. Saya dulu belajar bahasa Korea dan sekarang lumayan ngerti sedikit bahasa sinetron Korea. Saya sempat belajar bahasa Persia waktu mau ke Iran, tapi cuma ya gitu deh. Paling hapal “Jigareto bokhoram” doang hahahaha. Semuanya belajar secara otodidak. Untuk bahasa Spanyol ini belajar langsung sama native speaker, nanti kalo udah lancar kan saya bisa say hi dan sepik-sepik sama Maria Mercedes. Hola Maria!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s