My Story

Mudahnya Investasi Saham Jaman Now

Sekali-kali kita bahas tentang finansial ya. Jadi semenjak 1-2 tahun yang lalu kan saya udah gak traveling lagi. Terus gak ada mainan hunting tiket pesawat lagi dong. Biasanya motivasi nabung itu tujuannya buat diabisin jalan-jalan. Saat itu boro-boro kepikiran yang namanya investasi beneran. Saat itu investasi jangka panjang versi saya adalah, investasi memori jangka panjang (TRAVELING). Udah cukup lah ya tiap cuti kelayapan ke luar negeri selama 9 tahun. Sekarang ngerem di rumah dulu aja.

Saya baru 1 tahun mengenal yang namanya saham. Berawal dari salah satu tweet di twitter, kemudian bersambung ke instagram dan akhirnya tertarik untuk mencoba untuk daftar akun di salah satu sekuritas. Saya belajar otodidak dari baca-baca artikel dan panduan di internet. Nggak ada tuh orang yang saya kenal yang bisa saya tanya tentang saham. Bingung? Iyak! Banget! Ini gimana sih buka rekening di sekuritas S. Akhirnya setelah daftar online, data saya belum terverifikasi. Au ah bingung, saya samperin aja kantornya. Saya dibantu oleh salah seorang sales untuk mengaktifkan akun saya. Ribet kudu bolak-balik ke kantor cabangnya.

Sekarang saya punya akun yang lain. Berawal dari keisengan utak-atik instagram, saya gak sengaja kecemplung di sekuritas berlambang teko aladin, yaitu Ajaib. Setelah saya amati, pandangi, ternyata tampilan aplikasinya lumayan menarik dan gak ribet. Cocoklah buat pemula kaya saya.

Kalo kamu punya uang dingin nganggur gak ada salahnya dialokasikan ke RDN untuk beli saham idaman. Gak perlu modal gede, modal 10,000 rupiah juga udah bisa buat beli saham. Mahasiswa, anak sekolah yang udah punya KTP juga bisa daftar. Saya sendiri lagi belajar untuk investasi jangka panjang dan trading dikit-dikit. Tujuan utama saya adalah investasi jangka panjang, supaya saya bisa lebih sering posting cerita traveling di blog ini. Makanya, yuk daftar pake kode referal saya ANAK206.

Gimana caranya invest saham di Ajaib? Gampang! Pertama niatkan dulu dalam hati kalau kamu mau investasi saham. Kemudian yang kedua modal hape, dan koneksi internet.  Ketiga, siapkan jari-jari lincah kamu untuk menari di atas layar ponsel dan input data pribadi pada saat pendaftaran. Keempat, ambil KTP dan nomor rekening bank yang akan digunakan untuk mentransfer dana dari dan ke RDN (Rekening Dana Nasabah).

Oke, semuanya sudah disiapkan dengan baik, adek-adek! Mari kita mulai.

  1. Klik link ini ya https://referral.ajaib.co.id/w18G nanti kamu akan diarahkan ke Google Play
  2. Download Ajaib
  3. Lakukan pendaftaran dengan memasukan email dan password. Setelah itu kamu akan menerima email konfirmasi pendaftaran akun. Langsung cek email kamu ya.
  4. Sesudah konfirmasi email, kamu bisa log in ke aplikasi Ajaib. Lalu pilih tombol ‘Buka Akun Saham’ yang ada di pojok kiri atas aplikasi. Setelah itu akan muncul halaman untuk memilih jenis investasi yang tersedia di Ajaib, dan pilih ‘Saham’.
  5. Isi formulir pendaftaran. Ada 6 halaman yang harus kamu isi pada formulir pendaftaran online. Setiap kolom yang tidak ada keterangan ‘opsional’ artinya wajib diisi. Jika belum terisi, kamu tidak akan bisa melanjutkan ke halaman berikutnya. Pengisian formulir ini untuk membuat Rekening Saham sekaligus Rekening Dana Nasabah (RDN). Pembukaan Rekening Saham ini diwajibkan sebelum kamu bisa bertransaksi saham. Data yang disampaikan juga akan tercatat pada Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Rekening yang tertanam di Ajaib Sekuritas ini akan menjadi tempat penyimpanan saham yang nantinya kamu miliki. Sementara, Rekening Dana Nasabah (RDN) adalah rekening dari dana kamu, yang ditempatkan pada bank, terpisah dari rekening perusahaan efek. Manfaat RDN ini adalah agar kamu mempunyai rekening bank sendiri untuk seluruh penyelesaian transaksi sahammu. RDN ini sendiri memang bertujuan untuk menyimpan dana nasabah yang tidak dibelikan saham. Untuk top up RDN kamu dapat melakukan dengan metode bank transfer.
  6. Sesimple itu, gampang kan.

Saya upload fotonya gak urut ya. Silakan isi formulir dan ikuti langkah-langkahnya sampai selesai. Setelah rekeningmu jadi, bisa langsung top up ke RDN dan beli saham impianmu deh.

6 thoughts on “Mudahnya Investasi Saham Jaman Now”

  1. Aku baru-baru ini pindah ke Ajaib, sebelumnya pakai Stockbit tapi tiba-tiba semua nasabahnya dikabari kalau kerjasama Stockbit dan Sinarmas Sekuritas udah berakhir, jadi disuruh migrasi ke app lain (SimInv*st) yang betul-betul gak oke karena banyak bugs, suka crash, dll dan reviewnya memang banyakan negatifnya :’)

    Masih suka kangen Stockbit kalau dari interface, friendliness, dan fiturnya. Salah satu fiturnya yang gak ada di Ajaib adalah alert untuk harga saham, padahal buatku penting ini, meski di Ajaib ada auto order. Tapi Ajaib menurutku memang salah satu yang paling nyaman dari yang udah ada saat ini, dan mudah-mudahan bisa makin improved!

      1. Ahh ternyata sama-sama karena didepak dari Stockbit toh🥲 tapi denger-denger dia mau ada app baru lagi, kayaknya kalo beneran bagus aku pindah lagi ke sana mumpung belom klop banget sama Ajaib huaha

      2. Udah kepincut Stockbit gak mau pindah ke lain hati ya. Sahammu di Simas mau ditransfer ke Mahakarya Artha Sekuritas kalo udah jadi akunmu?

      3. Iya, abisnya lihat adikku pake IPOTGO yang padahal udah terkenal dari dulu aja kok kayaknya enakan Stockbit ya heheh. Kemungkinan iya nih bakal transfer aja Mba, aku barusan baru daftar waiting listnya jugaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s