Uncategorized

Biaya Bangun Rumah Sangat Sederhana

Uhuyyy judulnya kali ini beda, bukan ngespill biaya liburan ke negara A, B, C atau D tapi mau ngasih tau langkah-langkah & biaya buat bangun rumah. Serius bener ini bahasannya. Sebenarnya nggak ada niatan buat saya buat bangun rumah, sepeninggal bapak kasihan liat ibu tinggal sendiri jauh dari anak. Sebagai anak berbakti maka saya pindahin ibu ke rumah baru supaya dekat dengan salah satu anaknya.

Saya beli rumah subsidi tahun 2016 atau 2017 lalu cuma sekedar iseng-iseng saja karena bosan dicerewetin kakak saya yang katanya saya disuruh nabung, jangan foya-foya mulu ngeluarin duit buat liburan atau backpacking ke luar negeri. Seiring berjalannya waktu, ternyata ada benarnya ucapan kakak saya itu. Kalo nggak “dipaksa” nabung mungkin saya nggak bakalan punya aset harta tak bergerak selain memori jangka panjang (ingatan traveling).

Biasanya kalo orang-orang, bahkan sekelas Certified Financial Planner aja nggak bakalan ngasih tau biaya yang dihabiskan buat membangun rumah impiannya. Tapi dipostingan kali ini, karena saya orangnya baik hati dan tidak sombong dan tidak pelit informasi, maka akan saya beberkan soal perduitan dan langkah-langkah buat bangun rumah. Oke, mari kita mulai!

Pertama, yang harus kita punya buat modal bangun rumah adalah duit. Iyak, duit! Kalo nggak ada duit, cita-cita hanyalah menjadi angan-angan. Kalo ada duit, keinginan apapun niscaya akan dapat dikabulkan. Yeahhh duit.

Yang kedua adalah niat. Kalo nggak ada niat yaudah nggak bakalan jadi apa-apa. Nggak bakalan ada usaha buat bangun rumah. Nggak ada usaha buat nyari duit dan bekerja. Nungguin ada yang bikinin? Menikahlah dengan pasangan yang tajir melintir dan tidak pelit atau cari sugar daddy, ehhh.

Yang ketiga adalah harus punya tanah. Tanah warisan dari orang tua juga nggak apa-apa. Tanah hasil pemberian orang dermawan juga nggak apa-apa. Pastikan tanahnya itu tanah tapak ya, bukan tanah rawa, tanah kuburan atau tanah sengketa apalagi tanah suci rebutan 3 agama di sana, nanti susah dong bikinnya. Terus kalo udah ada tanahnya jangan lupa yang udah ada sertifikat hak milik. Milik siapa? Ya milik kitalah.

Yang keempat, cari arsitek atau kenalan orang teknik sipil buat tanya-tanya tentang desain dan struktur bangunan. Buat referensi model rumah bisa contek di youtubenya gudang desain. Desain rumahnya bagus-bagus banget! Harapan saya pengen bisa bangun rumah kaya yang di youtubenya gudang desain, tapi kenyataannya karena keabisan duit saya bikin rumahnya kagak jadi estetik hahaha.

Yang kelima, setelah gambar dari arsitek udah cocok dan gak ada revisi lagi. Mulai cari kontraktor bangunan (kalo mau pake). Kalo saya karena duitnya tipis, setipis kesabaran saya, maka nyari tukang aja. Saya pake 2 tukang dan 2 kenek, mandor kagak ada, pengawas lapangan juga kagak ada, kakak saya aja saya suruh bolak-balik ngecek lokasi proyek. Karena rumah yang dibangun jauh saya nggak bisa mantau ke sana, paling sebulan sekali atau 2 kali doang.

Yang keenam adalah survei toko bangunan cari yang harganya paling murah dan pelayanannya cepat. Kalo bisa nyari yang bisa diutangin kalo nggak mau pakai sistem deposit. Buat material bahan bangunan saya belanja di 2 toko. Kalo toko yang satu nggak ada stok, saya hubungi toko bangunan yang satunya.

Yang ketujuh, sebelum belanja bahan bangunan tentukan dulu mau pakai material apa aja buat tembok, atap, dll. Beneran kalo nggak pake kontraktor itu pusing banget. Kita kudu mikirin sampe ke printilan kecil. Dari batu sampe baut. Dari pasir sampe besi ulir. Semuanya dipikirin nggak boleh ada yang lupa. Untuk pemilihan bahan misalnya, buat tembok saya pakai batu bata bukan hebel, buat semen saya pakai semen merah putih, buat rangka atap saya pakai baja ringan merek Taso dengan ketebalan 1 mm, buat reng saya pakai reng Taso, hollow plafon pakai merek Cilegon Steel. Buat atap saya pakai genteng aspal merek Owens Corning. Buat kusen jendela dan pintu saya pakai material kayu jati buatan jogja, buat sliding door & swing window taman saya pakai kusen UPVC dan kaca 6 mm.

Kedelapan, balik lagi ke duit. Untuk menjamin lancarnya proses pembangunan dibutuhkan arus kas yang lancar. Jadi pas tukang watsap bilang,”Mbak, semen abis! Mbak, pasir abis!” Oke, saya tinggal pesen dan transfer ke sales toko bangunan. Sebenernya duit ini yang bikin saya stress juga hihi.

Tahapan yang bikin saya pusing juga adalah pas nyari supplier buat urusan atap beserta rangkanya. Saya nyari info sana sini minta penawaran ke banyak sales penjual atap dan rangkanya. Belanjanya juga kebanyakan online. Saya nggak sharing sama suami soal pembangunan rumah dan pengeluaran. Urusan bangun rumah 80%nya saya yang urus, sisanya kakak saya yang urus. Can you imagine emak-emak yang biasa urusin anak kecil, perdapuran dan perpopokan kudu ngurusin material, watsapan sama tukang dan sales. Banyak banget drama pembangunan rumah ini. Saya 2 kali nangis2 gara-gara stress berat huahahaha.

Tadinya tanah itu pengen saya jual, pulang dari notaris saya berubah pikiran. Gimana kalo tanahnya gak usah dijual dan bangun rumah buat ibuk. Aha!!! Saya langsung cari arsitek murah dan tadaaa jadilah rumah baru. Rumahnya yang saya dapat dari developer bentukannya udah mengenaskan. Berdiri segan, runtuh pun tak bisa. Butuh waktu seminggu buat ngerobohin bangunan lamanya sebelum dibangun yang baru.

Proses pembangunan dimulai tanggal 14 Agustus 2023 dan selesai dalam waktu 4 bulan. Tukangnya kerja seminggu full kadang ada libur sehari. Rajin-rajin sih orangnya. Cuma saya kudu kuat ngasih rokok dan makan aja. Sistem penggajian mingguan dengan pembayaran di hari minggu tiap bulannya. Drama tukang juga adaaaaaa aja. Ada yang ngambeklah, ada yang miskom soal duitlah, ada yang minta borongan terus gak kasih tau yang lain, ada yang udah sampe packing bawa tas mau pulang kampung terus dihalangin kakak saya, pokoknya unik deh cerita drama tukang ini.

Yay selesai juga bangun rumah pake duit sendiri. Jadi abis berapa biaya bangun rumah? Buat material di toko bangunan yang satu hampir 80 juta. Di toko bangunan yang satunya nggak saya hitung abis berapa. Buat gaji tukang 60 juta. Buat beli rangka atap dan atap seharga hampir 2 Nmax. Buat kusen jendela dan pintu kayu jati hampir 20 juta. Buat kusen pintu & jendela UPVC abis 18 juta. Toren Mpoin Drain 600 liter 2 juta. Dynabolt 100 rebu. Engsel, gagang pintu abis 3 jutaan. Ubin granit dalam rumah abis hampir 10 juta. Ubin luar dan kamar mandi lupa abis berapa. Kasur 7 juta, lah diitung kasurnya juga haha. Kakak saya nyumbang sebagian uang rokok dan buat makan tukang.Suami saya nyumbang 20 juta di saat terakhir bangun rumah. Kalo ditotal biaya bangun rumah 300an juta. Ditambah biaya notaris urus rumah lama ibu, lunasin KPR, dan urusan keluarga besar soal perumahan sama bangun rumah ini abis hampir 500 juta. Dari mana duit sebanyak itu? Nggak tau haha. Nggak nyangka 5 taun gak traveling bisa nabung segini, Alhamdulillah. Kata siapa generasi milenial gak bisa kebeli rumah? Bisaaaa, asal mau berusaha.

2 thoughts on “Biaya Bangun Rumah Sangat Sederhana”

  1. Haloo Bijooo….mba ketawa baca tulisanmu, selamat sudah lulus mbangun rumah.. Itu kerjaan mba selama 30 tahun lebih, bangun rumah orang lain sak isi-isinya..
    Pusingnya dobel2, apalagi kalau pegang 3 proyek sekaligus. Sangat bahagia waktu klien puas setelah rumahnya jadi. Lebih bahagia di masa-masa itu bisa cetak uang buat traveling ke banyak negara. Sampai akhirnya jenuh dan stop ngerjain proyek.
    Kemudian ketika bangun rumah sendiri malah panggil kontraktor, takut kalau ngerjain sendiri ga selesai-selesai 🙊🙊.

    1. Alhamdulillah udah beres rumahnya, walaupun stress banget tapi puas hehe. Waaah kerjaannya apa itu, kontraktor merangkap arsitek kah? Seru yaaa kalo klien puas liat rumahnya yang udah jadi. Enak terima beres gitu ya kalo bikin rumah sendiri pake jasa kontraktor, no pusing dan ribet wkwk

Leave a comment