Traveling

19 Tips Road Trip di Luar Negeri

20151002_111445
Vatnajokull Glacier Nampak di Depan

Beberapa waktu yang lalu saya membaca berita tentang kemacetan yang terjadi pada saat musim mudik di sepanjang jalan di pulau Jawa. Kemacetan membuat banyak orang stress dan kelelahan. Terutama di jalur yang sedang populer yaitu Brexit. Saya memang tidak mudik, namun dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya mudik dengan menggunakan kendaraan adalah perjalanan yang sangat melelahkan. Salah satu ketakutan saya adalah terjebak ditengah kemacetan selama 2 hari, ngebayangin duluan saya bisa mules dan panik. Tapi tetap aja nggak mengalahkan semangat untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan. Momen mudik seperti ini yang sulit untuk dilupakan. Perjuangan untuk mencapai kampung halaman.

Sebetulnya saya bukan mau menceritakan tentang pengalaman mudik, namun saya mau cerita tentang pengalaman road trip yang pernah saya lakukan di beberapa negara. Melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda empat di luar negeri membutuhkan persiapan yang matang dibandingkan di negara sendiri. Kondisi jalanan dan medan yang asing, peraturan lalu lintas, dan letak setir yang berbeda membuat kita harus selalu berhati-hati dan cepat menyesuaikan diri. Apalagi kalo lokasi road trip yang akan didatangi terletak di remote area dan jauh dari pusat kota dengan jumlah pom bensin yang terbatas. Continue reading “19 Tips Road Trip di Luar Negeri”

Traveling

Franz Josef – Hokitika [NZ Road Trip]

:-)
Dunno where, otw ke hokitika pastinya  🙂

H-3 sebelum menyelesaikan perjalanan di New Zealand kami memutuskan untuk mengunjungi Kaikoura. “Kaikoura? Di mana pula itu!” Tanya saya dalam hati setelah membaca pesan di whatsapp. Setelah browsing atraksi menarik dan melihat lokasi Kaikoura melalui Google Map maka saya pun setuju untuk singgah di sini. Ohh ada paus, baiklah! Dulu saya agak pusing ngakalin gimana caranya supaya kami bisa ke Kaikoura ini. Christchurch adalah titik awal untuk memulai dan mengkahiri perjalanan kami selama di New Zealand, dan sebagian besar waktu kami dihabiskan di bawah Christchurch sampai paling bawah paling ujung selatan pulau selatan Selandia Baru (bukan stewart island). Sedangkan Kaikoura ini letaknya di atas Christchurch. Liat peta yah.. Continue reading “Franz Josef – Hokitika [NZ Road Trip]”

Uncategorized

Beliin donk!

Kalian ada yang lagi pengen beli sesuatu? Kalo ada uangnya sih ga masalah, tapi kalo lagi cekak gimana donk. Jangan dikira cuma anak kecil yang suka merengek minta dibelikan barang, ternyata orang dewasa juga bisa lho. Kayak saya contohnya, 2 malam ini saya ga bisa tidur gara-gara baygo* abis dan diserang sekelompok nyamuk-nyamuk nakal. Padahal saya benar-benar ngantuk, tapi tiap jam kebangun gara-gara digigit nyamuk. Selain karena nyamuk, saya juga ga bisa tidur gara-gara pengen sesuatu. Aku pengen minta dibeliin mobil matik huahaha.. #dikeplak emak

Gara-garanya nih 2 hari yang lalu bertepatan dengan libur pemilu ujug-ujug saya minta diajarin nyetir sama mbake. Tadinya kami bertiga (saya, ibu, mbake) pengen kencan dan nonton di bioskop bertiga. Tapi sesampainya di bioskop karena antriannya puanjang melebihi gerbong kereta argo bromo, maka kami memutuskan untuk ga jadi nonton. Nah daripada pulang saya malah minta mbake ngajarin saya nyetir di komplek perumahan di belakang rumah kami.

Waktu mau berangkat kencan pas mau keluar gang, mobil kami papasan dengan mobil hatchback yang ga saya ketahui siapa pemiliknya. Kata mbake itu mobil teman sedari kecil saya yang juga tetangga saya. Ke mana aja saya ya? Suaminya teman saya tadinya ga bisa nyetir sekarang udah lantjar aja lho. Ya iyalah lha wong mobilnya matic.

Pulang dari mall kami melipir ke perumahan di belakang rumah. Saya disuruh bawa mobil dari jalanan yang menurut saya rame sampe jalan sepi menuju cluster yang saya lupa namanya. Ini bukan kali pertama saya belajar nyetir, tapi ga tau kenapa saya kagok luar biasa. Saya lupa posisi injekan kopling, rem dan pedal gas. Mau nurunin rem tangan aja keras bener. Mobil yang saya pake kayaknya berasa gueede banget, lebih gede dari bus jemputan haha. Takut nyenggol mobil atau pengguna jalan lain. Asli, saya keringet dingin sepanjang jalan. Saya lupa belajar nyetir!

Saya dulu belajarnya pake Paijo (nama mobil sedan butut kami jaman dulu) jadi keliatan kecil aja mobilnya. Sekarang pas belajar pake Mbak Erti (mobil mbake) koq jadi tambah tinggi dan lebar. Injekan kopling, rem dan gas juga beda sama Paijo, mungkin karena Paijo udah uzur kali makanya keras. Ya ampun ternyata susah ya belajar nyetir, nyali saya langsung ciut hiks. Ga jadi belajar manual, yang matic aja dah kalo kayak gini #ngambek

Lanjut ke teman saya tadi..
“Lho koq tiba-tiba dia punya mobil?”  saya mulai kepo pas abis papasan mobil temanku
“Dibeliin sama bapaknya.” jawab mbake
“Wah enaknyaaa”. Saya sirik haha

Kira-kira kalo saya minta dibeliin mobil matic sama bapak saya, apa reaksi beliau ya haha. Saya pernah mimpi diajak ke dealer dan disuruh milih mobil sama bapak saya. Waktu kebangun entah kenapa saya ngerasa bahagiaaa  banget, padahal cuma mimpi, gimana kalo itu kenyataan ya hehe. Saya tau diri koq ga bakalan minta apa-apa sama bapak saya, abis ga enak. Lagian bapak saya juga pelit, boro-boro minta mobil, minta ongkos angkot aja ga dikasih huahaha.

Saya ga sirik koq dengan teman saya atau siapapun. Saya lebih bangga dan puas kalau bisa membeli barang hasil keringat saya sendiri, apalagi kebeli mobil. Dikira mobil itu kacang rebus gampang banget belinya. Lagian saya udah punya mobil plus sopir setia yang selalu mengantar saya ke kantor. Saya sudah punya mobil…. jemputan. 😀