My Story

Pengalaman Mencoba Tes Kesuburan

I want a baby, uwuwuwu!!! Hampir 1 tahun menikah kami belum juga diberi keturunan. Kalo liat orang hamil bawaannya sirik aja saya, sambil komentar “Gampang amat punya anak”. Padahal kita gak tau ya proses di belakangnya, bisa jadi mereka udah usaha dan doa bertahun-tahun, ngeluarin duit banyak buat punya anak, udah julid aja wkwk. Tapi saya kalo udah liat bayi, bawaannya udah hepi aja pengen nyamperin dan gendong. Etapi kan gak boleh, kasian anak bayi baru lahir disamperin dan dicium-cium di masa pandemi ini atau bukan pandemi. Dilihat boleh, dipegang jangan. Gilak, ada temen hamil dijauhin, giliran beranak dideketin haha.

Jadi sejak awal tahun 2020 ini saya rajin mengecek kalender kesuburan di internet. Namanya juga usaha, boleh kan ya. Berusaha boleh, ngarep jangan, nanti malah kecewa dan stresss. Tiap ovulasi gak tau kenapa saya pengennya marah-maraaah mulu. Oh hormonku, ternyata terlalu berharap membuat saya stres. Kali ini saya belajar untuk bersabar dan gak maksa pengen anak. Woles aja. Pelarian tetep ke daftar beasiswa, bikin essay. Beasiswa ke 10 AAS, tinggal klik submit ada aja rintangan, gak jadi daftar deh.

Beberapa bulan ini, beberapa hari setelah period saya rajin cek kadar lh dalam urine untuk memprediksi kapan saat terjadinya ovulasi dengan menggunakan lh test strip. Itu lho bentuknya mirip testpack, tapi fungsinya beda. Kalo testpack buat cek kadar hormon hcg. Saya langsung beli lh test buanyak banget. 3 kali beli di toko online. Harganya murce, cuman 2,500 rupiah saja per buah. Biasanya saya cuma cek lh tes sehari sekali, baru bulan Juni ini aja rajin ngecek sehari 2 kali, walaupun jamnya nggak rutin.

Apa sih LH Test? Ovulation test pack bekerja dengan mendeteksi perubahan luteinizing hormone (LH) dalam urine. Kalau produksi hormon LH mengalami peningkatan, berarti masa ovulasi akan segera tiba dan inilah waktu terbaik untuk mantap-mantap. Alat ini terbilang efektif untuk mengetahui masa subur wanita, yakni 99 persen hanya dalam sekali pakai. Cocok buat yang niat haha.

Kalau muncul 2 garis dan garis bawahnya lebih tebal warnanya, berarti sedang subur. Kalau garis bawahnya masih samar-samar berarti belum subur, katanya sih gitu. Puncak masa subur saya di hari ke-14. Nah kalo udah muncul 2 garis tebal, langsung hajar bleh hahaha. Selain pake lh strip, saya juga install aplikasi ovulation calender di hp, namanya pinkbird. Lumayan hratis dan gampang pakenya. Cuma mau tau aja kapan subur, tapi tetap lebih efektif pake lh test.

Siklus haid saya lumayan teratur tiap bulan, dan gak pernah ngerasain yang aneh-aneh. Kalo kram perut menjelang pms sih biasa, cuma ya gak sampe ganggu banget. Jaman sekolah dulu saya sempet kuatir kalo saya gak bakalan datang bulan seperti teman-teman lainnya. Saya kebagian yang terakhir kali mens diantara teman-teman sekelas saya, waktu itu kelas 3 SMP. Rasanya, lega, aku sudah puber. Kalau jaman sekarang, anak kelas 5 SD aja udah pada mens dan badannya mekar kaya bunga. Cepet banget masa pubernya anak jaman now.

Soal kapan punya anak ini rejeki-rejekian dari Allah. Ada orang yang gampang punya anak, ada juga yang susah. Ada yang gak perlu cek kesuburan pake lh test atau cek suhu basal, sekali bikin langsung jadi anak. Ada juga yang prosesnya panjang melalui proses yang lama, mahal dan menyakitkan. Punya anak, gak punya anak itu adalah pilihan. Setiap wanita istimewa, dengan atau tanpa pasangan, dengan atau tanpa anak. Kalau saya boleh milih pengennya punya anak yang banyak, 3 atau 4 anak cukup. Ya ampun ini pengen punya 1 dulu aja susah bener dah hihi. Gimana mau punya triplets, awww! Saya terobsesi sama anak kembar 😍

Kalo saya cerita ke orang-orang katanya saya aneh. “Ngapain pake lh test, stres lo. Ml aja yang sering!” Namanya juga usaha. Bukan Bijo kalo gak total usahanya wkwk. Mereka kuatir saya tambah stres kalo pake lh test. Saya percaya usaha akan membuahkan hasil. Setelah nangis-nangis sekian purnama gak karuan 🙈

Kapan ya saya dorong stroller bayi saya di Eropa? Kapan ya naik pesawat sama bayi? Kapan ya bisa kasih cucu buat orang tuaku? Kapan ya bisa hiking sama bayiku di Colorado? Lah jauh amat ngayalnya. Doain ya supaya kami cepat hamil, amin. Semoga pasangan yang sedang berjuang juga segera hamil, amiiin.

Update (setelah ragu-ragu maju mundur mau cerita atau enggak)

Biasanya mens saya tiap bulan teratur. Tapi di bulan Juli kok gak ada tanda-tanda pms dan kram perut. Saya mulai curiga nih. Di kantor tiap menit bolak-balik ke wc cek kancut menjelang mens, kok si merah tidak muncul juga. Akhirnya setelah telat 2 hari, tanggal 11 Juli 2020, sebelum solat subuh saya ambil stok testpack terdekat yang ada di tas di kamar, kemudian setelah dicelupkan ke urine muncul 2 garis tebal. Saya gak yakin, testpacknya udah sobek sih, ah mungkin strip testpacknya rusak. Saya naik ke lantai atas ambil persediaan testpack lainnya. Alangkah terkejutnya saya melihat 2 garis tebal muncul kembali di testpack baru. Saya langsung wa teman yang bekerja sebagai perawat dan tanya-tanya. Katanya saya hamil. Saya langsung solat subuh dan nangis diem-diem di kamar. Alhamdulillah. Paginya saya baru cerita ke pak suami dan dia kaget.

Dalam sehari saya testpack sampai 4 kali. 3 kali 2 garis, 1 kali 1 garis. Besoknya beli testpack digital dan beneran ada tulisan pregnant 2-3 weeks. Keesokan harinya lagi ke dokter kandungan untuk memastikan. Sebenarnya 10 hari setelah ovulasi saya sempat pakai testpack. Tapi gak saya perhatiin, langsung ditaro aja. Padahal udah muncul 2 garis samar di strip testpack. Saya gak tau lagi hamil, banyak yang terjadi saat itu. Saya sempat gotong bapak saya ke mobil menuju RS. Jalan kaki jauh dari RS ke rumah, ceritanya mau olahraga. Angkat beban berat. Dikerok punggung sampai merah. Kecapekan sampai nangis, padahal saya gak cengeng. Saat itu perubahan hormon sudah bekerja. Mualnya baru di tengah bulan ke-2 sampai sekarang.

Saat ini tanggal 19 Agustus 2020, 2 hari setelah my first wedding anniversary, usia kandungan saya sudah 10 minggu 1 hari. Keliatan itu kapan bikinnya, makanya saya bisa ngitung pake pregnancy calculator haha. Alhamdulillah. Doakan kehamilanku lancar, ibu dan bayinya diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Terima kasih sudah meluangkan waktu membaca blog saya. Semoga teman-teman yang sedang berjuang memiliki keturunan segera diberikan buah hati, amiin.

6 thoughts on “Pengalaman Mencoba Tes Kesuburan”

  1. Maa syaa Allaah, mbaaa ikutan bahagia bacanya 😭💙. Karena aku juga sedang nungguin kapan ya bisa garis dua ❤️. Baarakallaahu Mbak, semoga sehat selalu ibu, janin dan keluarga sampai nanti ketemuan langsung di dunia, aamiin ❤️

  2. Halo mba..wah ikut bahagia bacanya…mba aku kau tanya pd hari ke 14 hasil test menunjukkan positif..apa mba langsung hb hari itu jg atau besoknya? Krn ada bbrp yg sy baca stlh hasil positif ovulasi trjadi keesokan harinya..tks ya sblmnya

    1. kalo udah tau lagi ovulasi mendingan langsung hb aja, atau sehari sebelumnya juga gpp. kalo kelewatan udah telat, soalnya sel telur cuma bertahan 24 jam doang.

Leave a comment