Traveling

Mendadak ke Hong Kong

Tanggal 19 Desember 2023 saya ditelepon teman dan ditanyain, “Mbak mau ikut ke Hong Kong nggak?” saya langsung minta ijin suami dan dia bilang boleh. Dengan gercep saya jawab aja, “Mauuu! Yuuk!”

Berhubung nggak pakai visa, maka saya langsung menyiapkan mental buat berangkat lagi setelah hampir 5 tahun saya nggak traveling ke luar negeri. Tapi tapi tapi banyak banget kerjaan di kantor, H-2 sampai 3 jam sebelum berangkat saya masih harus kerjain berkas dan koordinasi sana sini.

Setiap hari saya lanjut ngelembur di rumah sampe nggak sempat packing buat berangkat. Tanggal 22 Desember, paginya saya ke rumah ibu buat ngambil koper ukuran medium, tapi pas dicek ternyata rodanya keropos dan nggak bisa dipakai, yaudah pake koper kabin aja. Oh iya sampai hari keberangkatan saya masih belum pegang tiket. Hampir jam 12 siang saya baru issued tiket pp ke Hong Kong buat keberangkatan jam 15.45 dan saya belom packing sampe tengah hari huahahaha.

Bingung banget mau bawa apaan kalo packingnya express begitu. Saya tau suhu di sana itu 10 sampai belasan derajat, kan saya lupa kalo suhu segitu termasuk dingin buat badan saya. Pakaian winter saya jaman masih lajang dulu udah gak bisa dipakai karena kesempitan semua. Akhirnya saya packing seadanya aja bawa jaket hoodie katun biasa dan pakaian biasa, sama bawa celana pendek yang akhirnya gak kepake. Longjohn juga udah pada kesempitan tapi dibawa aja dah. Sambil wara-wiri ngurus segala macem saya udah ngingetin di pikiran saya buat bawa coat tebel yang tergantung di belakang pintu kamar. Eh tapi nggak kebawa karena hectic banget woyyy.

Jam 1an suami berangkat ke money changer dan saya nitip beliin sambal goreng udang buat bekal makan kalo kepepet selama di Hong Kong. Jam 2an suami masih belum datang ke rumah, saya mulai panik karena harus segera berangkat ke bandara. Jam 3.15 atau jam 3.45 udah harus boarding. Saya lupa kalo ini perjalanan ke luar negeri nggak boleh mepet ke bandara. Mana anak saya rewel tau mau ditinggal ibuknya, saya juga panik takut ketinggalan pesawat.

Saya panik nungguin suami belom balik ke rumah dan nungguin abang gocar yang nggak gerak-gerak dari posisi awalnya yang titiknya masih jauh. Karena gak bisa ditelepon saya cancel gocar dan pesan ulang pake grabcar. Beberapa saat kemudian datanglah 3 orang ke rumah yaitu suami dan 2 abang go/grabcar. Double booking dong. Lagian abang gocarnya gak bilang kalo udah sampe di sebelah rumah. Akhirnya saya cancel abang grab dan pake gocar yang pertama.

Jam 2 lewat 10 saya baru jalan, saya suruh abang gocar buat ngebut ke terminal 3 bandara Soekarno-Hatta. Dari 5 orang yang berangkat, baru 1 orang yang udah sampai di bandara. 4 orang masih di jalan dan baru sampai bandara jam 3an. Mbak di counter check in nungguin kami dan mengizinkan kami untuk memasukan koper ke bagasi. Untungnya gatenya nggak jauh dan kami masih bisa masuk ke pesawat.

Gilak capek banget deh 3 hari terakhir, saya baru bisa bernapas lega setelah di pesawat dan tidur buat menggantikan jam tidur saya yang acak-acakan. Omaigat udah lama nggak bepergian saya jadi gagap gitu. Setelah di pesawat saya baru nyadar lupa bawa botol minum yang biasa dibawa kalo naik pesawat. Saya haus di pesawat, untungnya dikasih air minum 330 ml di pesawat Malaysia Airlines.

Biasanya kalo naik pesawat saya pilih-pilih kursi melalui menu Manage My Booking jauh hari sebelum berangkat. Kemarin sih boro-boro, sedapetnya aja mau duduk di mana seterah aja. Sampe lupa minta tolong input Enrich Malaysia Airlines pas check in.

Perjalanan ke Kuala Lumpur ditempuh dalam waktu 2 jam 30 menit. Kami transit sekitar 1 jaman di KLIA. Pindah terminal naik bus untuk naik pesawat menuju HK. Kami sampai di Hong Kong itu sekitar jam 1-2 pagi. Setelah antri di imigrasi yang antriannya panjang buanget kami bergegas menuju conveyor belt tempat pengambilan bagasi. Setelah menunggu, menunggu dan menunggu kami nggak melihat koper-koper kami. Langsung ngecek ke counter pengambilan bagasi dan ternyata koper kami emang nggak ada di situ alias ketinggalan masih di Kuala Lumpur.

Kami baru sampai ke the Charterhouse Causeway Bay Hotel jam 4 pagi. Beberes sebentar, cuci muka, sikat gigi kemudian tidur. Kami masih memakai pakaian yang sama seperti saat berangkat karena nggak ada baju ganti, gatel gatel dah haha.

Jam 10 kami baru bangun tidur dan skip sarapan karena.. masih ngantuk dan rebahan lagi sampe jam 12 siang. Kamar yang kami pilih adalah family room untuk kapasitas 4 orang. Karena kami perempuan ber-3 maka ada yang tidur di tengah-tengah sela-sela kasur. Kamarnya sempit bangeeeet.

Setelah mandi dan beberes, jam 12an kami keluar hotel untuk makan siang. Ternyata di belakang hotel ada mesjid Ammar & Osman Ramju. Di lantai 5 mesjid itu ada kantin halal, restoran lebih tepatnya. Ketemu mesjid dan restoran halal di dekat hotel adalah salah satu rejeki buat kami. Kami bisa makan lahap dengan lega tanpa kuatir makan yang haram-haram. Setelah makan siang dilanjutkan dengan sholat di mesjid. Di mesjid ruangan khusus wanita ternyata lagi ada kajian, banyak banget mbak-mbak yang lagi khushuk belajar, saya sih sholat aja di belakang.

Kalo pergi rame-rame begini saya nggak pusing mikir mau ke mana tinggal ngikut aja. Hotel pun saya nggak ikutan milih karena udah pusing, ngikut aja mau tidur di mana. Itinerary pun nggak bikin, judulnya aja mendadak ke Hong Kong. Saya ngekor aja ke mana pun teman-teman saya pergi.

Yang nggak dibawa apa aja? Botol minum, power bank, jaket tebel, kaos kaki cuma bawa 1, lotion tangan gak bawa akhirnya tangan kering dan lecet-lecet. Yang kurang apa aja? Ransel kekecilan gak muat buat naro banyak barang, sepatu masih pakai sepatu bolong yang lumayan masih nyaman, baju sih kebanyakan bawanya. Oh yaudah kan banyak yang ketinggalan jadi saya ada alasan buat belanja jaket, sepatu dan tas selama di Hong Kong. Saya masih pakai baju yang sama seperti pada saat berangkat sehari sebelumnya, sehelai kaos tencel (sebenarnya itu kaos baju tidur), celana jeans dan jaket katun hoodie uniqlo.

Setelah makan siang kami jalan ke Times Square, ternyata Times Square itu mall dan kami memutuskan balik arah dan mencari halte bus untuk pergi ke tempat lain. Karena masih hari pertama, kami masih bingung baca peta dan nyari tempat naik bus menuju ke Mong Kok. Ada apa di Mong Kok? Ada lautan manusia lalu lalang dan pertokoan seabrek dari yang kaki lima sampai mall gede. Mata saya nggak luput dari toko-toko perhiasan yang jual emas kuning-kuning bener. Pengen banget beli emas di sana tapi duite ndi. Saya ke HK cuma modal 1,56 juta rupiah di rekening BCA yang paginya udah dikuras 1,5 juta buat gaji terakhir tukang yang kerja di rumah. Berani banget ke Hong Kong cuma punya duit 60 rebu di rekening. Sama duit hasil malakin pak suami 3 juta yang dituker ke dolar hong kong. Kan Bijo, modal nekat tiap ke ln hahaha.

Di Mong Kok ngapain? Bolak-balik ke toko nyari jaket tapi jaket yang saya taksir mahal-mahal bener diatas 1 juta. Akhirnya kami beralih ke Ladies Market yang berupa jejeran dagangan kaki lima dengan harga yang bisa ditawar. Kalo belanja ke sini kudu pinter nawar. Saya cuma bertahan di ladies market sampe jam 5 sore. Saya nggak kuat liat banyak orang dan jalan kaki seharian. Jam 5 saya dan seorang teman langsung naik bus dan balik ke hotel. Sementara yang 2 orang lagi masih bertahan belanja sampai jam 9 malam baru balik hotel.