Uncategorized

Susahnya Menabung Dana Pensiun

Ngomongin duit lagi nih kita! Kayanya saya cocok jadi certified financial planner dah, demen bener ngomongin duit haha. Kalo kata kakak saya kemaren pas kami lagi makan sore, kalo mau curhat soal mistis sama temennya, kalo mau cerita soal perduitan sama saya. Kalo kata kakak saya lagi, saya orangnya perhitungan (tapi udah nggak pelit lagi) dan cermat urusan perduitan.

Saya gemes sama kakak saya dan teman-teman kantornya, gaji/take home paynya lebih besar daripada saya tapi hutang mereka jauh lebih besar daripada gaji mereka. Gimana ini circlenya kaya gono semua. Semuanya punya hutang di bank atau koperasi, kacau banget.

Kemarin saya liat di instagram, kalo orangtua jaman sekarang terancam bakalan bikin anaknya jadi sandwich generation karena orang tuanya terlalu fokus mengumpulkan uang untuk dana pendidikan. Mereka ingin sekolah terbaik untuk anak-anaknya, siapa yang nggak kepengen yaaa.

Kalo saya pribadi lebih memilih fokus menabung untuk dana pensiun, tapi gimana ya duitnya kepake terus. Udah bener naro di DPLK B** eh malah ditarik buat nambahin bangun rumah ibu tahun lalu. Alamakjang susah bener narik DPLK, hampir 2 bulan kayanya baru bisa cair. Yaaa emang peruntukan DPLK kan buat ditarik saat masa pensiun sihh, tapi saya narik lebih awal. Iyess saya kehabisan duit pas bangun rumah kemaren huahaha *stress

Kalo sekarang saya pengennya nabung dana pensiun di saham lagi aja deh, walaupun dulu banyakan boncosnya karena ditarik buat keperluan mendesak, pas dijual pas lagi merah, rugi dehh. Fokusnya sekarang investasi buat jangka panjang bukan buat trading, mau harga sahamnya naik atau turun diemin aja deh.

Yang susah itu adalah konsisten, kebanyakan kebutuhan hidup atau penghasilannya yang terlalu kecil sih ini. Saya heran dulu jaman masih lajang bisa aja nabung buat beli tiket liburan ke sana ke marih, sekarang susah bener. Terus saya baru inget kalo tabungan saya abis buat urusan orang dewasa. Apa aja tuh? Bikinin ibuku rumah, lunasin KPRku, bantu lunasin hutang kakak, sama buat biaya pengurusan sertifikat rumah alm bapak. Katanya kalo banyak ngasih orang tua insyaallah ada aja rejekinya. Eh iya lho saya nggak nyadar, waktu bangun rumah ibu saya cuma punya uang sedikit, alhamdulillah ada aja jalannya sampe rumahnya jadi dan bisa dihuni. Beneran ya rejeki lancar kalo kita nyenengin orang tua. Alhamdulillah

Sekarang mau nabung lagi mulai dari 0. Tapi sebelumnya, saya mau posting di OLX dulu bantuin jual kontrakan temanku. Gila aja ada makelar yang ngambil untung 200 juta, harga rumahnya 700 juta, buat dia sendiri 200 juta. Belum lagi pengeluaran si penjual kan masih haus bayar pajak penjual dan lain-lain.

Terus sekarang gimana caranya pengiritan lagi ya. Sebenernya saya nggak perlu pusing ngumpulin dana pengsiun karena nanti juga dapet pensiunan kok. Tapi kayanya kurang aja gitu, pengennya pengsiung bisa foya-foya dan sehat dan bisa pelesir ke mana pun saya mau. Amiin.

Leave a comment