My Story

Lebaran Tahun Ini

Banyak hal terjadi semenjak bulan April lalu. Menjelang lebaran yang seharusnya disambut dengan suka cita, malah sebaliknya. Musibah datang silih berganti pada keluarga kami. Pertama keluarga kakak saya jatuh sakit, bukan sakit berat, sebatas demam batuk pilek, tapi tetep aja pusing. Kemudian disusul dengan orang tua saya. Bapak saya demam tinggi, tapi nggak mau diajak berobat. Disaat yang sama ibu saya juga sakit. Di saat yang lain pada sibuk mudik, saya malah kerepotan ditinggal mbak mudik. Saya bingung antara mengurus anak dan orang tua. Saya menjaga supaya anak saya jangan sampe ketularan sakit.

Mbak babysitter juga baru mudik ke kampung kemudian keesokan harinya saya dapet kabar kalo bapak saya jatoh di rumah. Saya masih santai aja. Bingung mau ke rumah atau menunggu pagi. Kakak saya yang lagi dalam perjalanan mudik langsung puter balik dan membawa bapak ke IGD rumah sakit. Saya lupa tanggal 19 atau 20 bapak mulai masuk RS. Di saat seperti itu masih ada aja cobaan lainnya, gak perlu saya ceritakan di sini yaa. Bingung kan, antara nungguin bapak ke RS atau ngurusin anak di rumah. Saya bingung banget. Saya wanti2 supaya si kecil nggak sampe sakit.

 Akhirnya kami minta tolong sepupu buat jagain bapak. Saya bolak balik datang ke RS di siang hari sambil bawa anak kecil selama 2 hari. 2 hari berikutnya anak saya titip ke rumah kakak. Selama anak dititip saya bolak-balik ke klinik, rumah ibu, rumah sakit. Paginya anter ibu ke klinik, siangnya jaga di ruang tunggu ICU. Keesokannya tanggal 22 April saya nungguin bapak di ruang rawat inap. Feeling saya udah nggak enak. Lho kok keadaannya nggak kunjung membaik. Saya berdoa, ngaji dan banyak2 berdzikir di samping bapak. Ternyata kadar gula darahnya amat sangat rendah sampai nggak kedetect.

Jam 2 siang bapak kembali dibawa ke ICU lagi untuk kedua kalinya. Dan itulah saat terakhir saya melihat bapak dalam keadaan sadar, waktu suster mendorong ranjangnya memasuki lift saya nyesel nggak ikutan masuk lift. Saya kejar ke lantai 2 nggak ketemu, yah nyasar, saya nggak tau bapak dibawa ke mana. Kemudian saya dapet pesan dari kakak saya kalo anak saya demam dan dibalikin lagi ke saya. Dari sini saya nggak nungguin bapak lagi. Saya menjaga si kecil yang demamnya sangat tinggi. Kirain cuma sakit 1-2 hari doang, gak taunya sampe seminggu.

Disaat sakit itu juga anak saya masih saya bawa bolak-balik ke rumah sakit karena dipanggil dokter. Suatu malam saya dipanggil lagi ke rumah sakit dan diminta untuk menandatangani surat persetujuan untuk menjalani cuci darah karena fungsi ginjal tinggal 6 persen. Sebagai orang awam, yang saya tahu kalo ginjal bermasalah ya nggak apa-apa cuci darah supaya sembuh. Besokkannya saya ditelepon dokter untuk meminta persetujuan lagi untuk percobaan cuci darah karena percobaan pertama gagal, saya nggak ngerti gimana ya, tadinya jalurnya dari dada sebelah kiri atau kanan gitu tapi nggak bisa.

Keesokan harinya, di tanggal 26 April akhirnya bapak bisa menjalani hemodialisa didampingi oleh adik sepupu saya. Di tanggal 26 itu saya juga ke rumah sakit ke dokter spesialis anak untuk berobat anak saya. Setelah berobat saya mampir ke luar ruangan hemodialisa tapi nggak masuk karena lagi gendong anak saya yang lagi rewel. Bingung antara mau titipin anak ke sepupu tapi anaknya nangis kejer atau nungguin bapak dari luar aja. Saya cuma nunggu di luar aja sambil gendong bocah yang demam tinggi.

Setelah adzan Ashar saya baru makan siang di warteg samping rumah sakit, makan pun sedikit banget karena anaknya udah rewel lagi. Saya balik ke rumah sekitar jam 4 sore. Saya belum sempat istirahat selepas sholat magrib saya udah diteleponin lagi sama kakak (yang saat itu masih di rumah0 karena katanya bapak kritis.

Akhirnya saya dan anak balik lagi ke rumah sakit dianter suami saya yang saat itu shift malam. Kami bertiga naik motor menuju rumah sakit, tiba-tiba hujan deras dan saya ganti naik taksi online.  Sesampainya di rumah sakit, sambil gendong anak saya mencoba untuk masuk ke ruang rawat inap yang dijaga security. “Bu buk, nggak boleh masuk bawa anak!” Lhaaaa terus gimana!!??

”Ibu siapa, keluarganya mas yang baju merah? Oh itu bapaknya udah meninggal” Tunggu tunggu tunggu, apa saya nggak salah denger. Kok nggak ada yang bilang kalo bapak udah meninggal. Anak saya langsung dititipin ke suaminya sepupu dan saya langsung masuk ke ruang rawat inap. Saya langsung lemesssss, langsung menungkupkan kepalaku ke pangkuan adik sepupu dan air mataku jatuh tak tertahankan. Begini rasanya berduka dan ditinggal orang tercinta. Kaya mimpi.

Saya nggak berani membuka kain selimut untuk melihat bapak dalam keadaan tak bernyawa. Saya dipenuhi oleh rasa sesal. Menyesal karena jarang mengunjunginya saat puasa. Menyesal karena mengambil keputusan untuk hemodialisa.Menyesal kenapa siangnya saya nggak masuk ruangan cuci darah aja.  Menyesal atas semua keputusan2 yang saya ambil. I feel guilty.

Saya baru berani melihat bapak setelah kakak saya datang. Saya berkali-kali tanya kakak saya, “Gw salah ya tanda tangan surat persetujuan untuk hemodialisa?” Kirain bakalan sembuh dan membaik, karena saya liat orang2 baik-baik saja menjalani prosedur cuci darah. Tapi tidak untuk bapak saya yang memang sudah lansia dan banyak komplikasi. Saya tanya ke sepupu bagaimana bapak meninggal. Katanya bapak seperti tidur, dia bahkan nggak menyadari kalo pakdenya udah nggak ada. Begitu menyadari bapak udah nggak bernapas dia langsung memanggil suster dan dokter, mereka mencoba untuk melakukan pertolongan namun sudah terlambat.

Innalillahi wa inna ilaihirajiun. Saya hanya bisa ikhlas dan menerima. Mungkin ini memang sudah jalannya. Bapak udah nggak sakit lagi. Semoga alm bapak husnul khotimah, semoga diapuni dosanya, dilapangkan kuburnya dan tenang di sana. Al-Fatihah!

2 thoughts on “Lebaran Tahun Ini”

  1. innalillahiwainnailaihirojiun…. semoga bapak diampuni dosa-dosanya dan ditempatkan di tempat yang terbaik di sisi Allah SWT. Aamiin.

    saya merasakan sekali kerempongan yang mbak alami dari tulisan yang mbak tulis. Semoga diberi kesabaran dan ketabahan ya mbak. Keputusan mbak tidak ada yang keliru mbak, semuanya memang sudah takdir yang maha kuasa

    1. Amiin. Makasih ya atas doanya. Rempong banget pas lebaran kemaren. Udah seneng2 kumpul pas lebaran sama keluarga besar dan foto2, eh momennya malah pas berkabung, sedihh

Leave a comment