Uncategorized

lets talk about mudik (masih lama kali)

Sekarang udah puasa ke 10 aja, cepet banget waktu berlalu. Berarti tinggal 3 minggu atau 20 hari lagi menuju hari lebaran (masih lama juga kali). Ayo udah pada beli baju lebaran belom? Udah pada beli tiket kereta, bus, pesawat atau kapal belom? (Aku belom pernah naik kapal laut!)

Lets talk about mudik! Setiap lebaran momen yang aku suka yaitu saat mudik. Seru aja gitu liat pemandangan yang tidak biasa. Jakarta tiba-tiba jadi sepi pas lebaran. Cuma ada di Indonesia doang kali ya ritual mudik tahunan? Liat aja nanti H-10 ato H-7 stasiun TV pasti pada berlomba-lomba untuk meliput arus mudik. Terminal, stasiun, pelabuhan sampe bandara pasti padat. Segala cara ditempuh orang-orang untuk bisa mudik ke kampung halamannya, kalo budget gede bisa naik pesawat atau kereta eksekutif yang nyaman walupun harga tiketnya naik selangit. Kalo budget terbatas bisa naik sepeda motor, kereta ekonomi, truk, pick up, bajaj (buat yg punya bajaj) dll.

Kalo mudik aku paling suka pas lagi di perjalanannya, biasanya (Tangerang – Jogja sebelah sonoan dikit) kalo lancar cuma ditempuh dalam jangka waktu 15 Jam doang tapi kalo macet pernah sampe 26 jam di perjalanan, 2 hari juga pernah (dulu).. Kebayang kan pegelnya badan beuhh! Dinikmatin aja, malah pernah waktu naik bus, busnya mogok sampe berkali-kali ditengah malem trus dioper ke bus laen, trus pagi, siang dan sorenya mogok lagi haha.. Kita mah ketawa aja kalo ada kejadian gitu, dibikin becandaan aja. Itulah seninya mudik (the art of mudik) hehe… Tahun ini ga tau deh mudik lagi apa engga, ngga ada bayangan. Kalo jadi mudik ya hayo berangkat, kalo enggak juga ya sudahlah..

Di jalan selalu ada pemandangan unik yang bisa dilihat saat mudik mulai dari konvoi sepeda motor yang buanyak banget (paling ngeri kalo ngeliat anak kecil dibonceng di motor di bagian depan, takut jatoh). Trus konvoi bajaj di jalan yang bawa muatan banyak terseok-seok kesusahan lagi nanjak di tanjakan curam (biasanya pas nyampe di daerah brebes sono deh), perlahan tapi pasti dan berhasil, hebat dehh T O P!! Kalo lewat tol cikampek sering ngarepin peta gratisan atau produk apa aja yang suka dibagikan gratis kepada pemudik (aku suka bagian yang ini, gratisan) biasanya pas siang hari. Kadang kalo lagi iseng di jalan kerjaanku tebak-tebak plat nomor polisi mobil yang lewat, ngitungin plat mobil B di jalan, ngitungin lampu merah di tiap perempatan, dulu malah waktu jaman SD pernah tiap waktu ngedorong mobil karena mogok.. Kebiasaan kalo sampe di Jogja-Bantul pasti nyasar karena kebanyakan lampu merah dan perempatan. Tugasku di jalan biasanya jadi penunjuk arah dan jadi pendamping sopir (si mbake), memastikan dia tidak ikut-ikutan tidur saat ngantuk, ini yang paling susah pas mata kriyep-kriyep nahan ngantuk sedangkan yang lain pada tidur semua. Emang paling nyaman disopirin.. I wish i can drive huhuu

Harusnya masih ngomongin puasa kalo masih tanggal segini, tapi ga pa pa deh langsung loncat ke ujung hehe..

Advertisements

15 thoughts on “lets talk about mudik (masih lama kali)”

  1. Dari dulu aku ngga pernah mudik… Wong ngga punya kampung.. HeheheYg ada di kampung palingan sodara jauh semua…Tapi pernah pas tahun baru 2010 kmaren aku ikut temen ku mudik ke lampung mba… Itu pertama kalinya aku naik kapal laut… HihihiAsik juga naik kapal laut ternyata…

  2. @mbak nisaNanti cari suami yg kampungnya jauh biar bisa mudik ya hehe.. Aku penasaran tu naek kapal laut, coba nyebrang ke lampung trus langsung balik lagi ke Merak kayanya seru jg..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s