Uncategorized

Serunya Mengurus Visa New Zealand

New Zealand Visa Application Center di Kuningan City
New Zealand Visa Application Center di Kuningan City

Sebagai independent traveler, merencanakan perjalanan seorang diri dan mengurus permohonan visa seorang diri adalah hal yang biasa, malah sangat menyenangkan buat saya. Masa-masa ngurusin dokumen persyaratan visa adalah saat yang paling saya tunggu-tunggu. Gimana rempongnya minta tanda tangan sana-sini, diinterogasi bos-bos di kantor buat minta surat cuti dan surat keterangan bekerja, main kucing-kucingan di kantor dan kabur diem-diem jalan kaki ke kuningan city buat apply visa sampe dicariin bos, dan masih banyak lagi cerita dibalik visa. Kalo kamu ga mau repot jalan sendiri ke Visa Application Center, bisa kok minta tolong agen perjalanan untuk mengurusnya. Menurut saya, mengurus visa sendiri, selain biayanya jauh lebih murah, juga dapat memberikan kepuasan tersendiri kalo visa yang kita ajukan disetujui.

Berikut ini adalah syarat pengajuan aplikasi visa New Zealand
1. Formulir aplikasi visa INZ1017
2. Pasfoto 3,5 x 4,5
3. Salinan tiket pesawat pergi pulang
4. Surat keterangan bekerja
5. Surat cuti
6. Rekening koran 3 bulan terakhir
7. Itinerary perjalanan
8. Bukti bookingan hotel
9. Salinan Kartu keluarga
10. Paspor

Formulir aplikasi visa dapat diunduh dari website imigrasi New Zealand. Ukuran pasfoto 3,5 x 4,5 cm sebanyak 2 buah ditempel di formulir aplikasi visa NZ. Warna latarnya bebas, tapi saya memilih warna background putih supaya sekalian buat apply visa transit Australia.

Untuk tiket pesawat kalau yang saya baca di website, tidak harus tiket yang sudah diisued, bookingan aja juga boleh. Karena saya nemu tiket promo dan emang udah ngebet kepengen ke NZ, maka saya membeli tiket duluan. Amit-amit visa ditolak, tiketku bisa-bisa hangus deh. Saya ga ngerti juga gimana cara ngebatalin atau refund tiket pesawat, lagian emangnya bisa ya kalo tiket promo dialihin rute tujuannya?

Surat keterangan bekerja dalam bahasa inggris diperlukan untuk memastikan kepada pihak kedutaan bahwa pemohon memiliki pekerjaan tetap dan akan kembali ke negara asalnya setelah kunjungan selesai. Sedangkan surat cuti dari kantor untuk menguatkan status pemohon yang memang sedang cuti dari pekerjaan.

Rekening koran 3 bulan terakhir dibutuhkan untuk menjamin bahwa pemohon memiliki dana yang cukup untuk biaya hidup selama di negara yang dikunjungi. Saya ga melampirkan surat referensi bank, karena ribet bikinnya harus ke kantor cabang bank di Warung Buncit, jadi saya cuma pake rekening koran asli yang saya print di bank di lantai bawah kantor saya. Ada negara yang menyebutkan jumlah nominal sejumlah tertentu selama 3 bulan terakhir dan ada pula yang tidak menyebutkan jumlahnya secara spesifik. Sebaiknya pemohon memiliki catatan pemasukan dan pengeluaran yang stabil selama 3 bulan terakhir. Untuk kedutaan New Zealand mengharuskan jumlah rekening sebesar NZD 1000/bulan selama 3 bulan, jadi harus ada $3000 (kalau akomodasi belum dibayarkan). Kalo penginapan atau hotel sudah dibayarkan, cukup $400/bulan dikali 3 bulan. Saya pinjem duit kakak saya sebelum apply visa, saya endapin di rekening saya.

Itinerary perjalanan adalah jadwal atau agenda selama perjalanan berlangsung yang berisi daftar kegiatan yang akan dilakukan, serta estimasi biaya pengeluaran yang akan dikeluarkan selama melakukan perjalanan. Itinerary ini menurut saya penting banget untuk memberikan gambaran mengenai perjalanan yang akan dilakukan. Waktu saya lebih banyak dihabiskan dengan membuat itinerary dan googling nyari hostel yang sesuai bugdget. Saya jadi ada bayangan berapa biaya yang nanti bakalan dikeluarin selama perjalanan saya di New Zealand.

Di dalam itinerary perjalanan dituliskan jenis akomodasi atau tempat bermalam. Bookingan hotel yang sudah dibayar pake kartu kredit harus dilampirkan bersama dengan dokumen persyaratan permohonan aplikasi permohonan visa lainnya. Harus? Entahlah, saya cuma jaga-jaga aja makanya udah booking hostel, sebagian baru bayar dp dan sebagian sudah lunas. Saya ga ngerti juga kenapa rata-rata semua hostel yang mau saya inapi mengharuskan saya memberikan data kartu kredit, padahal waktu pesan penginapan di korea ga pake data kartu kredit lho. Atas dasar percaya sama percaya aja kita email-emailan sama pemilik penginapan. Entahlan, setiap negara berbeda. Jenis akomodasi yang nanti saya pakai di NZ bervariasi, mulai dari hostel kamar dorm, hostel private room, lodge, kabin, forest cabin (ini yang paling seru kayaknya) dan holiday park. Pengen sih nyobain nginep di hotel atau apartemen, tapi budgetnya ga cukuuuup. Apa sih bedanya kabin sama lodge? #nanyaserieus

Selain salinan kartu keluarga, paspor asli adalah dokumen yang selanjutnya harus dilampirkan bersama dengan dokumen lainnya. Paspornya harus yang masih berlaku yaaa. Jangan tanya soal paspor ke saya ya hehe.

Mengurus permohonan aplikasi visa New Zealand ternyata ga ribet lho, apalagi kalo semua dokumen persyaratan dipenuhi, niscaya aplikasi visa kamu akan disetujui pihak imigrasi kedutaan NZ.


Apply visa di mana?

VFS Global
NEW ZEALAND VISA APPLICATION CENTRE
Kuningan City Mall Lantai 2 No. L2 ā€“ 19
Jl Prof. Dr. Satrio Kav. 18
Setiabudi, Kuningan, Jakarta 12940

Surat keterangan bekerja ditujukan ke
Visa Section
New Zealand Embassy
Sentral Senayan 2, Floor 10
Jl Asia Afrika No 8
Gelora Bung Karno
Jakarta Pusat 10270

Berapa biayanya?
Biaya pengajuan aplikasi visa New Zealand sebesar Rp 1.750.000 ditambah biaya logistik Rp 250.000, ditotal jadi Rp. 2.000.000

Prosesnya berapa lama

Maksimal 10 hari kerja, visa saya diproses dalam waktu 3 hari kerja setelah tanggal penyerahan dokumen. Setelah kita menyerahkan berkas dan membayar biaya permohonan aplikasi visa, kita akan diberikan tanda terima/struk yang berisi kode untuk melacak proses permohonan aplikasi visa sudah sampai di mana. Struk ini harus kita simpan buat bukti pengambilan visa dan paspornya nanti. Untuk pengambilan paspor harus bawa KTP juga ya. Untuk informasi mengenai visa NZ bisa dicek ke websitenya VFSGlobal.

Visa sudah ditangan, selanjutnya kamu bisa melanjutkan mimpi untuk mengunjungi negara impian. Jangan takut untuk bermimpi.

Advertisements

30 thoughts on “Serunya Mengurus Visa New Zealand”

  1. Wah enaknya ya klo visa uda di aproved. Naas nya saya, saya apply dr tgl 24 nov tp smpai sjrg 19 december blum ada tanda2 bakal di approve atau declined? Mewek bener.. Any idea ga untuk case spert saya?

  2. Waah seru yang dah pernah ke NZ, tp dari by pengajuan visa sendiri beda tipis doank klau kita pakai agent, selisih Rp.150rb aja. Dulu aku pernah ngajuin visa si Twn sendiri, repotnya, mana, hitung2 pakai agent jauh murah banged, buat yg mau buat visa aku saranin ke Bayu Buana Promo travel aja, sorry bukan mau promosi, :D, hanya saran doank. By d way, Mbak cerita donk kalau suka duka di NZ, dari pemeriksaan kita turun dari pesawat setiba di NZ, pemeriksaannya ketat gak, truuus, disana kalau backpacker susah gak? Thanx buat infonya .

    1. Iya seru banget..
      Aku belom pernah apply visa pake agen, selalu ngurus sendiri supaya tau gimana prosesnya. Kebetulan kantorku deket sama kedutaan-kedutaan, kanan-kiri-depan-belakang udah kedutaan hehe.
      Nanti ya aku ceritain di postingan berikutnya. Makasih udah mampir šŸ™‚

  3. Mba …. Ade….. kalo di Australia nya hanya sekedar transit di bandara apa tetep pakai visa transit ? makasih ….

  4. Tiket pesawat boleh hanya bukti bookingan saja, yg berarti lom dibayar. Beneran mba??Berlaku juga dengan hotel yh mba. Bisa kasih info penginapan termurah dan jajanan termurah?

  5. Tiket pesawat bisa hanya dengan bukti booking dan lom dibayar, beneran mba? Berlaku juga yah dengan hotel. Bisa kasih info untuk penginapan dan jajanan atau oleh2 yg murah2 ? tx.

  6. sebelumnya makasih info nya,
    Q: kalau untuk bikepacker atau backpakcer gimana, jadi bermalam/istirahat bertenda ria atau pake sleeping bag ?

  7. halo bijo, aku mau tanya, apa yah bedanya bikin visa yang aplikasi online sama yg hard copy? klo aku baca di web vfsglobal, harga untuk bikin visa online lebih murah, lebih murah dikit aj sih haha.. oyah klo kita perginya rame2, bisa ga yang urus visa salah satu org aja? ato smua harus ikutan hadir di vfsglobal?
    trus klo misal kita transit di ausi tp kurang dr 3jam, dan ga berencana keluar dari bandaranya, apakah kita harus bikin visa transit ausi jg? trims yah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s