Iseng Doang

Nggak Ada Alasan Untuk Nggak Jalan-jalan

Bluff, New Zealand
Bluff, New Zealand

Temen kantor : “Eh lo kalo jalan-jalan abis duit berapa jo?”

***

Temen kantor : “Mbak Bijo, daripada buat jalan-jalan mendingan buat biaya masukin anak saya sekolah”

***

Temen kantor : “Joooo, daripada lo ke Nyujilen mendingan juga buat haji ato umroh!”

***

Temen baru kenal : “Ehh lo kerja di mana sih, jalan-jalan mulu.
Bijo : “Malakin preman di terminal”
Temen baru kenal : “Whoaaa pantesan jalan-jalan mulu!”

***

Temen kantor : “Gaji lo berapa sih, jalan-jalan mulu?”
Bijo : “Yaelahh, gaji gw sama lo gedean lo kaliiiii!”

***

Bijo : “Tahun ini gw gak mau jalan-jalan!”
Fisra : “Boong!! Ujug-ujug lo pasti posting poto jalan-jalan di pesbuk!”
Bijo : *cengengesan

***

Yelahh, saya jalan-jalan kan setahun palingan cuma 1-2 kali keleus. Ini aja posting mulu di blog seakan-akan banyak jalan, itu kan pencitraan doang haha. Paling tidak saya kudu jalan-jalan minimal sekali dalam setahun. Ke mana aja yang penting judulnya jalan-jalan.

I just wanna travel
I just wanna travel

I just wanna travel. Meet new places, new people and see places I’ve never been before!

Nggak punya uang atau waktu luang bukanlah alasan buat kamu nggak bisa jalan-jalan. Banyak cara menuju Roma, salah satunya dengan membeli tiket pesawat promo jurusan CGK-FCO, atau dengan cara kerja, kerja, kerja, nabung, jadi pelit dan kejam. Kejam kepada siapa? Kejam kepada diri sendiri. Terkadang kebutuhan hidup kita itu terlalu banyak sehingga gaji bulanan tidak menutupi untuk biaya hidup bulanan dan memaksa kita untuk tutup lobang gali lobang. Aduhh kok jadi panjang lebar gini ya ceritanya 😀

Kejam? Maksudnya? Iyaaa, saking pengennya nabung buat beli tiket pesawat ke destinasi impian saya seringkali mengurungkan niat saya untuk jajan ini jajan itu, walaupun sebenernya saya kepengen banget maen ke mall dan bersenang-senang. Saya dibilang pelit sama orang dekat saya karena nggak pernah traktir mereka, saya aja nggak traktir diri saya sendiri kok. Maafkan saya yang pelit sangat, maapkeun. Saya memang kejam, kalo gak kejam saya nggak bisa ke mana-mana.

Jalan-jalan itu nggak cuma milik orang kaya. Kita yang hidup prihatinpun masih bisa jalan-jalan kalo diniatin. Saya menghindari bergaul dengan emak-emak muda di kantor yang setiap istirahat siang hari jumat selalu mengajak saya ke mall depan dan belakang kantor. Kalo ikut keluar pasti keluar duit buat ongkos taksi dan jajan, yang seharusnya buat disimpen buat jalan-jalan. Mereka beli baju baru, sepatu baru, sedangkan saya mengetatkan ikat pinggang sambil ngeces liatin mereka, fiuhhh. Kalo udah waktunya istirahat hari jumat saya mendingan duduk di meja kerja saya dan ngeblog atau ngapain kek, jangan melangkahkan kaki keluar ruangan karena terlalu banyak godaan syaiton haha.

Nggak punya duit buat jalan-jalan? Sama!
Kamu kerja kan? Kamu dapet gaji kan? Nahh gimana caranya supaya gaji bulanannya bisa disisihkan buat biaya jalan-jalan. Kesampingkan dulu keinginan kamu untuk beli smartphone keluaran terbaru dan canggih, gak usah maksa kalo belom butuh-butuh amat. Daripada buat bayar cicilan smartphone selama 1 tahun, mendingan nggak usah beli dulu dan duitnya dipake buat nambahin modal jalan-jalan.

Tapi kan gaji saya nggak cukup buat jalan-jalan!
Duhh alasannya banyak amat cyinn. Kamu masih single kan? Kamu jomblo? Mwahaha kasian deh lo Nahhh jadi jomblo itu ternyata ada kelebihannya lho. Dengan menjadi jomblo kamu nggak perlu pusing ngeluarin duit buat kongkow atau malem mingguan, nggak perlu traktir pacar kamu, gak perlu ngebeliin baju buat pacar kamu, sehingga duitmu tetap utuhh *tunjukin dompet yang tebel berisi struk belanja*

Kalo masih numpang di rumah ortu, nggak ngekos dan keluar ongkos gede buat ke tempat kerja kamu bisa nabung dengan tenang. Kalo ada tanggungan yang harus kamu biayain, hmm saya nggak berani komentar kalo ini.

Kita itung-itungan nyok! Misalnya gaji kamu sebulan 2 juta (UMP sekarang berapa sih?), kamu bisa menyisihkan 50%nya buat ditabung, sisanya buat memenuhi biaya hidup bagaimanapun caranya. Ingat, kamu harus kejam!! 1 juta dikali 12 bulan udah dapet 12 juta, duit segitu bisa dipake buat liburan ke Jepang/Korea/Beijing/Myanmar/Thailand/Kamboja/Taiwan selama 1-2 minggu. Kan judulnya hemat, di sana nanti kamu numpang aja di rumah teman atau ngampar pake kardus di depan ruko, susah amat, yang penting kan judulnya jalan-jalan.

Kalo gaji kamu 3 juta, kamu bisa nabung lebih banyak lagi, asalkan menerapkan gaya hidup hemat dan kejam. Kejam itu nggak selalu jahat. Nabung 2 juta sebulan, dikali 12 udah dapet 24 juta, udah bisa buat ke Australia atau Eropa, wohoooaa!! Kalo gaya jalan-jalan kamu kayak Syahrini mah gak bakalan cukup duit segitu.

Jalan-jalan nggak perlu ke Maldives, ke Karimun Jawa pun jadi.
Kalo kamu nggak tega ngabisin duit banyak-banyak buat traveling, mendingan kamu jalan-jalan di tempat yang dekat-dekat aja. Indonesia itu indah, luas dan murah (kecuali Indonesia Timur) *sotoy*. Kalo kamu sayang ngabisin duit sampe belasan juta buat jalan-jalan, cobalah mencari destinasi yang lebih ramah kantong. Kalo kamu tinggal di Jakarta kamu bisa ke sekitaran pulau Jawa, agak jauhan dikit juga bisa, ikutan open trip ke Lombok-Labuan Bajo-Komodo juga nggak bikin kamu jatuh miskin. Saya ikutan open trip Lombok-Komodo cuma bayar seharga 3,5 juta total 5-6 hari perjalanan.

Nekad!
Mumpung masih muda, kamu belum dipusingkan dengan biaya buat beli susu si adek bayi, sekolah si kakak, belanja sayur si mbak, gaji si mbak, biaya bensin ke kantor, cicilan motor, cicilan mobil, cicilan rumah, cicilan pesawat jet. Kamu nggak perlu menunggu terlalu lama untuk pergi karena masa muda nggak akan keulang lagi. Kalo ntar-ntar keburu kamu dipusingkan dengan biaya lainnya. Terkadang dalam hidup kamu harus nekad. Nggak usah lama-lama ambil keputusannya, udah berangkat aja sanaaa. Ngomong sih gampang hahaha.

Oh iya, walaupun kejam jangan lupa buat sedekah yak, semakin banyak member semakin banyak kita menerima. Nggak tau aja, rejeki datang dari mana aja. The power of sedekah.

Advertisements

21 thoughts on “Nggak Ada Alasan Untuk Nggak Jalan-jalan”

  1. Lirik sana-sini, ternyata kamu mbak yang paling kejam. 😀 Kayaknya saya kudu belajar cara menjadi kejam pada diri sendiri, terutama kurangi jajan, terus ditambah lagi tabungan dan giving-nya 🙂 *sigh*

  2. Aku juga skrg berusaha ngurangin banget makan siang yang mahal-mahal. Meski ga harus buat jalan-jalan tapi kita kan tetap perlu simpanan uang juga. Buat modal nikah salah satunya. Hehe

  3. Inti dari jalan2 kan benernya ganti suasana or refreshing. Ga usah jauh2 deh, jalan2 ke Tangerang kemaren aja aku udah seneng hehehe

  4. NGERI TENANNNNNNNNN TEKAD NABUNGMU MBAK, OJO SAMPEK KENA BUSUNG LAPAR LO. HAHAHAAA .

    ke pantai klayar sama pantai pelang gih. itu destinasi lokal di kampung halaman gue mbak. di sana ada air terjun langsung dari alam. keren pokok’eeeeee.

      1. benee toh mbak. ben di woco penaak kok. hahahahaa.

        yee baru tahu yo?. walaaalah. kui kampung halamanku mbak. kalo ke kelayar, aku mau jadi pemandune. soale dalane isek angel. tapi sepadan karo pemandanga alam’me.
        hheeehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s