15 Hari di Australia – New Zealand

Jalan menuju lokasi syuting Lord of The Ring

Jalan menuju lokasi syuting Lord of The Ring

Jalan-jalan ke NZ ini adalah rekor perjalanan saya yang terlama. Terakhir kali jalan-jalan saya paling lama cuma 10 hari doang.

Selama 15 hari itu, di New Zealand saya telah menempuh jarak sejauh 2.783 kilometer dengan menggunakan 2 bus dan 1 mobil dalam waktu 12 hari. Sedangkan di Melbourne nggak keitung saya udah melangkahkan kaki berapa langkah karena diajak keliling kota sama Dominic plus diajak nyasar pulak.

Di New Zealand kami berkendara selama 10 hari sejauh 2.269,5 kilometer dari Queenstown sampai ke Christchurch. Naik bus 2 kali dengan jarak 238 kilometer dan 275 kilometer. Berapa konsumsi bbm selama roadtrip 10 hari itu? Nanti yah di postingan berikutnya.

Ide roadtrip di NZ ini muncul setelah saya browsing sana sini, katanya cara terbaik untuk menikmati keindahan New Zealand adalah dengan cara roadtrip supaya kita bebas bisa berhenti di mana aja buat foto-foto atau sekedar menikmati pemandangan yang buagus. Sebenarnya saya bisa aja memulai roadtrip dari Queenstown sampe ke Christchurch atau sebaliknya tapi karena tujuan utama saya adalah Lake Tekapo yang terletak diantara Christchurch dan Tekapo, maka saya memilih untuk memulai perjalanan dari Christchurch sampai ke Christchurch lagi (Christchurch Loop).

Saya mencoba berbagai alternatif untuk mencapai tempat tujuan, mulai dari mencari tahu kemungkinan rute bus dan ongkosnya, sampe ngukur jarak dan konsumsi bbm dengan kendaraan pribadi. Karena terbatasnya rute bus di NZ maka supaya lebih fleksibel saya menyewa kendaraan.

Ide roadtrip ini juga muncul gara-gara waktu saya di Oz setahun sebelumnya, saya pengen banget roadtrip sehari-dua hari di Brisbane ke sanaan dikit tapi dulu pan belom bisa nyetir dan nggak ada barengannya. Saya cuma bisa dengerin pengalamannya teman-teman korea yang patungan sewa mobil selama 1 bulan di Brisbane, kayaknya kok seru aja gitu. Gpp deh roadtrip di Oz belom kesampean yang penting di NZ udah.

Dari 2.255 kilometer roadtrip selama 10 hari itu saya nyetir paling lama cuma selama 5 jam nonstop dari Curio Bay sampe Queenstown, saya berhenti nyetir di Queenstown karena udah memasuki kota dengan frekuensi mobil lebih banyak daripada di pinggiran kota, saya kan takut kalo liat mobil banyak, yaudah gentian deh nyetirnya, hehe. Pertama kali nyetir saya cuma memerlukan penyesuaian sebentar karena cara nyetirnya juga sama kayak di Indonesia. Saya paling stress liatin speedometer dan rambu batas kecepatan maksimal di pinggir jalan. Setiap jalan yang saya lewati ada batas maksimal kecepatannya, kalo nggak ada rambunya berarti boleh ngebut. Tapi sengebut-ngebutnya maksimal cuma diperbolehkan sebanyak 100 kilometer per jam, tapi anehnya banyak mobil-mobil yang nyetir dengan kecepatan lebih dari 120 km/jam. Setelah ditilang ibu polisi di hari pertama kami pun kapok dan berusaha untuk mengikuti rambu-rambu yang ada. Setiap saya nyetir sampe 120 km/jam keluar bunyi ting tong entah dari GPS atau dari bagian mana dari mobilnya buat ngingetin kalo kita udah melewati batas kecepatan yang diberlakukan di situ. Keren deh GPSnya hehe.

Rute terpanjang yang pernah kami lakukan saat roadtrip di New Zealand adalah saat berkendara dari Franz Josef ke Kaikoura yang setara dengan rute Tangerang – Yogyakarta, itu sama aja rute saya mudik ke kampung orang tua saya. Kalo dari Jakarta ke Jogja bisanya paling cepat ditempuh dalam watu 12 jam, kalo naik bus, kalo nyetir biasanya sampe 15 jam-an baru sampe karena banyak berhenti buat istirahat.

Dari Franz Josef ke Kaikoura ditempuh dalam waktu 11 jam, itu juga karena kami banyakan berhenti di tengah jalan. Kalo lagi nyetir liat ada banyak mobil di pinggir jalan, kami langsung ikutan melipir ke pinggir dan parkir bersama dengan mobil lainnya. Liat danau cakep dikit langsung berhenti, liat hutan keren dikit langsung berhenti dan mblasuk ke dalam hutan, pokoknya banyakan berhentinya.

Di sebagian besar jalanan di Pulau Selatan saya nggak nemuin lampu merah, rambu-rambunya cuma Give Way doang. Saya mulai kaget saat di akhir roadtrip saat memasuki kota Christchurch yang merupakan kota terbesar di pulau selatan, di Christchurch banyak lampu merah dan perempatan tapi teteup aja kotanya sepi berasa kayak nggak ada penghuninya. Di Christchurch mobilnya lebih banyak daripada di kota lain yang pernah saya singgahi di pulau selatan.

Emang nggak salah deh nyewa mobil di New Zealand, selain bisa bebas berhenti di mana aja kita juga bisa puas liatin kaca depan mobil yang udah kayak layar tv dengan berbagai pemandangan menarik di setiap sudut jalan yang saya lalui. Subhanallah, NZ memang keren! 🙂

Peta Roadtrip Pulau Selatan

Peta Roadtrip Pulau Selatan

Carpark Milford Sound

Carpark Milford Sound

Pemandangan di pinggir jalan sambil nunggu buka tutup terowongan di Homer Tunnel. Saya udah mau lari aja ke sana kalo terowongannya belom dibuka mah..

Pemandangan di pinggir jalan sambil nunggu buka tutup terowongan di Homer Tunnel. Saya udah mau lari aja ke sana kalo terowongannya belom dibuka mah..

Pertama kali saya nyetir di NZ

Pertama kali saya nyetir di NZ

Domba di mana-mana

Domba di mana-mana

Menuju Homer Tunnel

Menuju Homer Tunnel

Kea ini malah nyamperin mobil yang lagi jalan

Kea ini malah nyamperin mobil yang lagi jalan

Coba truknya minggir dulu :-D

Coba truknya minggir dulu 😀

So yellow

So yellow

Bisa guling-gulingan di tengah jalan

Bisa guling-gulingan di tengah jalan

Give Way, biasanya jembatannya cuma bisa dilalui mobil dari 1 arah jadi kudu gantu-gantian

Give Way, biasanya jembatannya cuma bisa dilalui mobil dari 1 arah jadi kudu gantu-gantian

Lake Wakatipu

Lake Wakatipu

Anak ilang di NZ :-D

Anak ilang di NZ 😀

18 thoughts on “15 Hari di Australia – New Zealand

  1. Wow. Keren banget pemandangannya. Sumpah tidak bisa bicara apa-apa lagi selain berharap mudah-mudahan suatu hari nanti bisa ke sana juga :hehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s