Iseng Doang

Kalau Saya ke Eropa Lagi…

20151009_140604
Peta Eropa di hostel di Roma

Mari kita ngayal! Seandainya ada dermawan yang berbaik hati memberikan saya voucher tiket pesawat KLM pp dari Jakarta ke Amsterdam kepada saya, maka saya akan dengan sangat hati menerima dan menggunakan tiket pesawat tersebut dengan sebaik-baiknya. Amiiin! Kemudian yang di belakang saya komentar, “Hah dermawan? Tiket gratis? Kalo mau tiket kerja dong!” *abaikan, lanjutin posting hihihihi

Tau gak sih, gak lama setelah saya pulang dari Eropa ada tiket promo pp ke eropa yang harganya cuma 4,5 juta doang untuk keberangkatan tahun 2016 ini! Tapi saya nggak beli, saat itu saya mikirnya saya kan baru pulang dari Eropa, masak ke sana lagi, duit dan cuti tahun 2016nya kan udah kepake buat trip lain *uhukkk

Eropa itu luas, saya baru mengunjungi sebagian kecil -sangat kecil malah- dari Eropa. Kalau berkesempatan mengunjungi Eropa lagi saya akan memulai perjalanan dari Amsterdam, mungkin, atau dari negara lain, tergantung yang ngasih tiketnya aja *ngarep 😀

Berhubung saya sudah pernah mengunjungi Belanda, saya akan memilih untuk menghabiskan waktu selama 1 hari atau 1 malam saja di sini, kemudian saya akan melanjutkan perjalanan ke negara tetangganya. Ke mana sajakah itu?

  1. Jerman

Jerman menjadi negara pilihan utama saya kalo saya berkesempatan mengunjungi Eropa lagi. Saya masih penasaran sama Jerman. Padahal waktu ke Eropa 4 bulan yang lalu saya pengen ke Jerman, tapi saya ngalah sama temen jalan saya karena dia kepengen ke Belanda. Asalkan dia mau menemani saya patungan sewa mobil ke Islandia, saya rela menunda niat saya ke Jerman.

Pada perjalanan lalu saya sempat menginjakan kaki di salah satu kota di Jerman, tapi nggak keluar bandara. Saya udah senang bisa numpang gegoleran dan tidur di bangku ruang tunggu Dusseldorf International Airport, dan membawa pulang 1 buah gantungan kunci dari salah satu toko di Bandara Dusseldorf. Kalo tau penerbangan saya dari Napoli ke Milan dicancel mungkin saya akan memutuskan untuk menghabiskan sisa waktu saya di Eropa di mana aja di Jerman baru kemudian ke Roma dan kembali ke Jakarta. Seandainya saya mengecek email saya waktu terhubung dengan koneksi internet yang cuma sebentar di Dusseldorf International Airport, yah seandainya. Tapi saya nggak nyesel kok ngemper di Roma selama 3 hari.

CIMG3785
Saat transit di Dusseldorf Airport

Ada apa sih di Jerman? Nggak ada yang spesial, buat saya Jerman itu keliatannya keren. Sebetulnya waktu dari Islandia itu saya sempat memasukan Jerman ke dalam itinerary saya. Jadi rutenya adalah Keflavik, Nuremberg atau Munich, Milan, Napoli, Roma, begitu rencananya. Tapi waktunya juga yang nggak cukup, saya kebagian tiket murah Air Berlinnya pas tanggal 7 Oktober, sedangkan tanggal 10 udah harus pulang ke Jakarta.

Kalo ke Jerman nanti saya pengen ke KBRI Berlin, mau ngapain? Mau main-main aja liatin gedungnya dari luar terus foto-foto, iya kalo boleh haha. Kemudian saya akan ke Schloss Neuschwanstein, disusul ke Zugspitze (gak tau tulisannya) dan kota-kota lain yang merupakan tempat tinggal blogger ex multiply yang rumahnya bisa ditumpangin. Nyusahin? Sekali-kali gpp kan hihi. Ya udah deh nanti numpang di rumahnya host couchsurfing aja, gitu aja kok repot. Masih nggak dapet? Ya tinggal cari koneksi wi-fi dan booking hostel melalui internet, gampang kan!

  1. Ceko

Ada apa sih di Ceko? Ada Charles Bridge di Praha, dan ada banyak tempat yang bisa didatengin pokoknya. Saya mau merealisasikan itinerary yang pernah saya buat pada tahun 2011 dulu dengan menyesuaikan dengan keadaan sekarang. Saya pengen halan-halan di Praha dan kota-kota lain di Ceko. Saya lupa daftar tempat yang pengen saya kunjungi itu  dan sekarang pada saat ngayal saya pun malas browsing, kan saya turis pemalas *bangga 😀

  1. Slovakia

Slovakia ini merupakan pecahan dari Cekoslovakia, bener kan? Saya nggak googling lho. Kalo nggak salah ibukotanya Bratislava kan? Asal nebak doang. Slovakia juga masuk dalam daftar negara yang pengen saya kunjungi waktu bikin itinerary jaman dulu makanya saya inget sama Slovakia ini. Kalo ke Eropa lagi saya pengen ke sini!

  1. Polandia

Ada apa di Polandia? Nggak tau juga, saya cuma pengen menyasarkan diri di Polandia, udah itu aja.

  1. Norwegia

Mari kita lanjutkan perjalanan ke negara Skandinavia lainnya  yang katanya termasuk negara mahal di dunia. Kalo mau ke sini saya harus berhemat di negara-negara lain supaya bisa hidup di sini. Ada apa sih di Norwegia? Ada pemandangan alam yang menakjubkan pastinya. Beberapa bulan yang lalu, waktu lagi nunggu antrian saat apply visa Schengen di VFS Global saya duduk di depan counter visa Schengen Norwegia dan saya terpukau dengan tayangan pariwisata yang ada pada layar di samping loket penerimaan berkas visa di loket antara Norwegia dan Denmark. Baru nonton itu aja saya udah bahagia banget, padahal belom ke Norwegianya, tayangan pariwisatanya itu diulang-ulang dan saya terus-terusan menontonnya sampe lupa tujuan utama saya ke VFS! Makanya kalo berkesempatan mengunjungi Eropa lagi saya harus memasukan Norwegia dalam bucketlist saya. Saya udah daftar newsletter Norwegian dari sebelum berangkat ke Eropa dulu. Saya sempat mempertimbangkan untuk mengunjungi Norwegia waktu dapet email tiket promo sebelum berangkat ke Paris dulu, tapi karena pertimbangan waktu dan biaya maka saya harus memilih antara Islandia dengan Norwegia. Kan tujuan utamanya mau mengejar aurora borealis di Islandia.

  1. Irlandia

Nah kalo mau ke Irlandia kudu siapin waktu dan budget lebih buat apply visa lagi karena Irlandia gak masuk dalam daftar negara Schengen. Ada apa di Irlandia, nggak tau, suka aja sama Irlandia.

Nah saya nggak memasukan Swiss dalam daftar negara yang akan saya kunjungi ini karena memang belum tertarik aja. Saya udah bersyukur bisa mengunjungi Selandia Baru. Swiss mah nanti-nanti aja kali ya, nunggu ada temen jalannya. Boong ding sebenernya nggak ke Swiss karena udah takut sama biayanya duluan hahahaha *ngaku

Postingan ini cuma postingan iseng-iseng doang, kali aja hayalan saya diijabah beneran. Kamu yang berdomisili di Indonesia, kalo kamu berkesempatan ke Eropa, kamu pengennya ke mana?

Advertisements

48 thoughts on “Kalau Saya ke Eropa Lagi…”

  1. Baru pernah ke Jerman dan itupun hanya Munich dan ga sempat ngunjungin si kastil Neuschwanstein karena lagi dibenerin atapnya. Kalau kesempatan ke Eropa, mau ke Islandia ( lihat aurora jugakk ), Norwegia, Jerman, Austria, Belanda, Prancis, Italy, Yunani, banyakk yahhh kakk… Argkkkkk..

    1. Itu si kastil bikin gak bisa tidur saking kepengennya ke sana, bahkan sempat browsing hostel dan mau booking hostek di daerah dekat sana (lupa nama tempatnya dulu). Banyak yak daftar negara yang pengen dikunjunginnya, kalo butuh tukang bawa koper bilang-bilang yaaa, aku bersedia daftar hahaha

      1. Wkwkwkwk.. Maklum kakkk belum pernah ke yurop.. Tapi dari semua, kayaknya gua pengen banget ke Norway, one day.. ga ada spesial reason selain katanya disitu banyak fresh salmon.. hahaha..

        gua setuju banget soal kastil, secara ntu kastil menginspirasi kastil di disneyland.. huuhuhu..

      2. Salmonnya pasti enak banget, apalagi kalo ditambah sambel ABC, maknyusss. Ikan di Islandia juga enak-enak, segerr kan matinya cuma sekali, tapi bumbunya doang yang kurang, tapi ditambahin saos ABC jadi berasa nikmat hehe. Di Norway banyak Fjords, kan keren kayak di Milford Sound.

        Kastilnya kalo di musim gugur pasti tsakep banget tuuh

      3. Mati 2x kali tuh maksudnya gimana? *seriusnanya* iya kayaknya kalo negara dingin, ikan nya maknyus semua. Gua ini aneh, suka banget sama udara dingin, tapi kalo kayak ke milford sound itu kan kena angin, kena air, ga suka gua.. haha.. Ohhhh, musim gugur dimananya pun yang pohon nya warna warni, saya sukakk..

      4. Kalo kata temen2, ikan yg di jkt matinya udah 10x karena udah gak seger. Waktu di Labuan Bajo kita rebutan ikan asin di kapal, mereka bilang ikannya enak soalnya matinya baru sekali hahaha

        Autumn mah di mana2 cakep yak, tapi dingin, brrr!

  2. Semogaaa kesampaian semua tuh mbak tujuan ngetrip di eropanya 😀 aku cuma bisa mengamini loh ya, belum bisa ngasih tket *eh wkwkwk

    Aku mau kemana aja deh kalau dieropa *nggak pernah ke LN *sedih wkwkkw

  3. Desa2 Jerman di Bavaria yang background nya Alpen yang jadi favorit gw sih, banyak kastil juga. Terakhir gw sempet mampir di Cochem, ada kastil jg disitu, buka deh Jalan2Liburan, gw sempet nulis juga mengenai Cochem 🙂

  4. I’m come in…klo Bijo lagi ngayal..coz sama demen ngayal :-D. Norway tuh gara-gara liat foto2 di IG, klo liat tag location nama2 tempatnya antara lain Svolvær, Geiranger, Olden. Bucket list lain Nyebrang dari Spain-Maroko via Algeciras-Tangier, girang banget waktu nonton Spectre James Bond ambil lokasi di Tangier. Trus penasaran pengen ke Bosnia dan Serbia.

  5. Haha udah lama banget ya Bijo sejak kita ngobrolin itin Ceko duluuu 🙂 aku tetap naksir Ceko. NAKSIR MAMPUS #eh, intinya alasanku kelak jika ke Eropa, ya ke Cekonya itu (ke Cesky Krumlov), aah biar Semesta Mendukung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s